PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESCRIPTIVE TEXT BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ‘KAHOOT’ DI KELAS VII SMP ISLAM HIDAYATUL IHSAN KECAMATAN SAWANGAN KOTA DEPOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah proses untuk mengubah tata laku dan sikap seseorang maupun kelompok dengan upaya pelatihan dan pengajaran. pendidikan nasional adalah proses untuk meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, keterampilan, pengetahuan dan ketaqwaan seseorang kepada Tuhannya. Tujuan pendidikan nasional adalah untuk membentuk generasi bangsa agar lebih berkarakter. Caranya adalah dengan menambah ilmu pengetahuan, keterampilan serta kreativitasnya.
Pendidikan pada masa abad ke-18 lebih mengutamakan pemahaman konseptual secara manual. Manusia yang hidup di abad tersebut memiliki kemampuan intelektual melalui referensi yang ada di perpustakaan. Namun, hal tersebut sangat tidak efektif karena pendidikan hanya terserap untuk negara yang sudah maju dalam bidang industri. Kemudian mulai berkembang di abad 20, terciptanya alat-alat telekomunikasi modern yang mengubah gaya hidup manusia. Setelah itu, era digital mulai memasuki pasar global untuk memperbarahui pola pikir dalam berinovasi.
Proses pendidikan saat ini telah bergeser sesuai dengan perkembangan zaman dan mengalami perubahan pesan dengan memanfaatkan teknologi digital dimana teknologi di manfaatkan untuk kepentingan peningkatan layanan dan kualitas pendidikan (Prasojo dan Riyanto, 2011).
Saat ini, kita sedang menghadapi revolusi industri yang dikenal dengan Revolusi Industri 4.0. Era ini merupakan era inovasi disruptif, di mana inovasi ini berkembang sangat pesat, sehingga mampu membantu terciptanya pasar baru. Inovasi ini juga mampu mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada dan lebih dahsyat lagi mampu menggantikan teknologi yang sudah ada.
Mengingat tantangan yang besar tersebut, tenaga pendidik di era revolusi industri harus meningkatkan pemahaman dalam mengekspresikan diri di bidang literasi media, memahami informasi yang akan dibagikan kepada para peserta didik serta menemukan analisis untuk menyelesaikan permasalahan akademisi literasi digital.
Keterampilan menulis adalah keterampilan yang paling sulit diantara keterampilan berbahasa yang lain, maka dalam upaya peningkatannya guru harus lebih kreatif agar siswa tidak merasa jenuh. Guru harus mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga terciptanya suasana menyenangkan pada proses pembelajaran. Diperlukan suatu metode pembelajaran yang sesuai dan penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi genersi milenial agar lebih termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga mencapai hasil yang diharapkan.
Rendahnya nilai keterampilan menulis kelas VII di SMP Islam Hidayatul Ihsan telah terbukti bahwa hasil keterampilan menulis pada semester ganjil nilai rata-rata kelas pada keterampilan menulis hanya mencapai 52%, masih dibawah KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75%. Hal ini disebabkan karena siswa merasa kesulitan dalam menentukan diksi pada kalimat. Perlu dilakukan proses penyusunan kalimat menjadi sebuah paragraph.
Mengikuti perkembangan revolusi industry untuk generasi milenial, dunia digital menawarkan berbagai aplikasi atau website pada literasi pendidikan dalam bentuk permainan online. Hal ini yang membuat penulis berfikir untuk melakukan upaya peningkatan keterampilan menulis descriptive text melalui permainan online ‘Kahoot’ agar menarik siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah :
- Bagaimana media pembelajaran ‘Kahoot’ dapat meningkatkan keterampilan menulis descriptive text kelas VII?
- Apakah media pembelajaran ‘Kahoot’ dapat meningkatkan keterampilan menulis descriptive text kelas VII?
Penelitian ini bertujuan untuk :
- Mengetahui proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran ‘Kahoot’ dalam meningkatkan keterampilan menulis descriptive tex
- Mengetahui peningkatan hasil menulis descriptive text melalui media pembelajaran ‘Kahoot
D. Manfaat
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu:
- Bagi guru
- Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran agar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan mempermudah siswa untuk menulis descriptive text
- Dapat memotivasi siswanya untuk berpikir yang sistematis dan terarah.
- Akan lebih jelas dalam mengajarkan materi tentang menulis descriptive tex
२. Bagi siswa
Sebagai wahana baru dalam proses peningkatan keaktifan diskusi siswa dan mempermudah
untuk menulis descriptive text.
3. Bagi peneliti
Sebagai pengembangan pengetahuan tentang penelitian dalam pembelajaran menulis descriptive
text pada mata pelajaran Bahasa Inggris
E. Batasan Istilah
- Peningkatan adalah suatu perubahan dari keadaan tertentu menuju keadaan yang lebih baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
- ‘Kahoot’ adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan.
- Kemampuan menulis teks deskripsi adalah kecakapan dalam menuangkan, menyusun, dan mengorganisasikan ide atau gagasan berupa objek dengan menggunakan serangkaian bahasa tulis yang baik dan benar sehingga menghasilkan tulisan yang menggambarkan objek dengan jelas, yang seolaholah objek tersebut benar-benar berada di depan mata pembaca.
comment malih
ReplyDeletemantab bunda
ReplyDeleteOk good, lanjutkan
ReplyDeletethanks bu hajjah.
Deletebunda, kahoot itu bisa digunakan untuk apa saja?
ReplyDeleteuntuk semua mapel mba..
DeleteBagaimana cara penggunaan kahoot
ReplyDeleteinstall dulu bu.. biar lebih jelas bisa lihat video tutorial https://www.youtube.com/watch?v=atmrGfnDSM0
Deleteartiket yang sangat bermanfaat.terimkasih
ReplyDeleteartikelnya bagus isinya dan penulisannya (bikin iri hehehee)
ReplyDeleteThanks
DeleteWhat is the difference Description Text from Report ?
ReplyDeleteReport text is to describe/report object generally, based on fact and research.
DeleteDescriptive text is to describe object specifically